Pages

Kamis, 27 Februari 2014

Tamiang Balinese Keyboard and Word Processor

Wow.. Keyboard Aksara Bali – Wah bagus dan langka..itulah kata-kata yang keluar dari benak saya ketika melihat Demo Tamiang (balinese Keyboard dan Word Processor yang akan dilaunching sore ini (Kamis, 27 Februari 2014) di Gedung Ardha Candra, Art Center. Dari sumber yang saya kutip Keyboard Aksara bali ini Tamiang Ed adalah sebuah perangkat lunak pemrosesan dokumen, yang digunakan untuk membuat dan menyusun dokumen dalam Aksara Bali.
Tamiang Board adalah Keyboard Aksara Bali (ha na ca ra ka…) yang layoutnya diposisikan sedemikian hingga berdasarkan penelitian dalam menempatkan posisi aksaranya agar lebih ergonomis dan mudah digunakan. Dibuat oleh Tim “Tamiang”, Jurusan Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Udayana bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Denpasar, didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Denpasar dan Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Darmawijaya Mantra. sumber : UNUD
Tamiang Balinese Keyboard and Word Processor
Tamiang Balinese Keyboard and Word Processor
Pemkot Denpasar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar berkerja sama dengan kreatifitas muda dari Universitas Udayana Fakultas Ilmu Komputer FMIPA dan SMKN 1 Denpasar, membuat suatu terobosan baru dan unik di bidang Informasi Teknologi yaitu Aplikasi Aksara Bali pada komputer dengan Balinese Keybord. Demo aplikasi “Balinese Keybord Aksara Bali” ditinjau langsung Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar I Dewa Made Agung dan Kadis Kebudayaan Kota Denpasar I Made Mudra, Senin (17/2) di Gedung Sewaka Dharma.
Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar I Dewa Made Agung  mengatakan, “Ide kreatif ini tercetus dari pemikiran Walikota Denpasar yang menginginkan budaya lokal terutama Bahasa Bali tidak hilang di zaman teknologi ini terutama dikalangan anak muda. Melihat hal tersebut munculah ide kreatif yang memadukan Aksara Bali dengan teknologi untuk membuat Balinese Keybord Aksara Bali, dimana nantinya diharapkan generasi muda tertarik untuk belajar mencintai serta memahami Aksara Bali, agar kebudayan lokal ini tetap terjaga selamanya,” kata Dewa Agung. Dia juga menambahkan, Balinese keybord Aksara Bali ini merupakan sebuah awal dari salah satu kreatifitas generasi muda yang perlu terus digali dan dikembangkan. Agar kedepannya kreatifitas seperti ini menjadi pemicu generasi muda supaya lebih banyak berkreasi menciptakan sesuatu yang baru tapi tidak meninggalkan budaya lokal yang dimiliki.
Sementara itu Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra sangat mengapresiasi  atas kratifitas generasi muda dari Team Ilmu Komputer FMIPA dan SMKN 1 Denpasar atas keberasilannya mengaplikasikan atau mewujudkan ide kreatif Balinese Keybord Aksara Bali ini. Dimana Aksara Bali ini sudah mulai di tinggalkan masyarakat, melihat prilaku generasi muda saat ini sudah sangat jauh berbeda. Oleh sebab itu dengan adanya Balinese Keybord Aksara Bali ini, nantinya biar bisa diperkenalkan di sekolah-sekolah. Agar generasi muda bisa mempelajari dan menyukai Aksara Bali sejak dini. “Saya sangat mendukung ide dan hasil kreatifitas yang dilakukan oleh siswa SMK 1 Denpasar dan mahasiswa Unud. Saya berharap penemuan ini dapat bermanfaat bagi genersasi muda dan pelestarian salah satu budaya Bali yang sangat adiluhung ini,” pungkas Walikota. Sumber : http://kominfo.denpasarkota.go.id/
Berikut ini Empu dari Tamiang Balinese Keyboard and Word Processor (Keyboard Aksara Bali)
Cokorda Rai Adi Pramartha, ST, MMSI.
Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom, M.Cs.
I Komang Arimogi, S.Kom, M.Kom
Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom, M.Kom
I Nyoman Buda Hartawan, S.Kom, M.Kom
I Putu Gede Hendra Suputra, S.Kom, M.Kom
Gede Aditra Pradnyana, S.Kom, M.Kom
SMK Negeri 1 Denpasar
Keyboard Aksara bali (Tamiang Balinese Keyboard and Word Processor) sangat saya tunggu-tunggu karena kebetulan saya juga ingin sekali belajar aksara bali. Saya juga belum tahu apakah keyboard aksara bali (Tamiang) ini akan diproduksi secara masal). Jika iya saya akan segera memiliki Tamiang ini sebagai salah satu perangkat penting yang harus saya miliki.,,hee.. semoga segera diproduksi masal. ..Kita tunggu saja ya…hee..
Sumber : http://www.4sumit.com/tamiang-balinese-keyboard-and-word-processor/

0 Responses to “Tamiang Balinese Keyboard and Word Processor”

Posting Komentar

Blogger news

All Rights Reserved Made Sumitre | Blogger Template by Bloggermint