Pages

Sabtu, 05 Januari 2013

Inilah Bahaya Kurang Tidur

369497-sleepy-tired-yawn-50d6824197ef7Ghiboo.com - Setelah beraktivitas, manusia butuh istirahat dengan tidur. Dalam keadaan terlelap itulah, sel-sel tubuh melakukan regenerasi dan kesempatan otak untuk mengatur serta mengarsip memori. Jadi, sepadat apapun aktivitas harian kita, usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup demi kesehatan fisik dan mental.

Nah, bila Anda kurang tidur, siap-siap untuk mendapatkan efek negatifnya. Berikut beberapa di antaranya:

Badan melar

Kurang tidur dapat merangsang hormon ghrelin penambah nafsu makan, dan mengurangi hormon leptin sebagai penekan nafsu makan. Fakta ini diperkuat oleh penelitian University of Washington pada kembar identik yang tidur 7-9 jam setiap malam dan memiliki rata-rata indeks massa tubuh 24,8, atau hampir 2 poin lebih rendah dari orang yang tidur kurang dari 7 jam.

Risiko kanker lebih tinggi
Kurang tidur menyebabkan gangguan metabolisme hormonal yang dikaitkan dengan risiko kanker. Jadi, penggemar olahraga pun tak akan lepas dari risiko kanker jika kegiatan tidurnya kurang dari 7 jam.

Konsentrasi menurun
Kurang tidur dapat mengganggu kewaspadaan, penalaran, dan pemecahan masalah. Akibatnya, aktivitas dalam bekerja, dan belajar anak menjadi terganggu serta tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan 'menguatkan' memori dalam pikiran. Makanya, jika tidak cukup tidur, siapapun tidak akan mampu mengingat apa yang sudah dipelajari atau dialami selama seharian.

Gairah seks menurun
Sebuah penelitian membuktikan adanya penurunan tingkat libido dan dorongan untuk melakukan hubungan seksual pada pria dan wanita yang kurang tidur. Sebab, energi terkuras, mengantuk, dan tensi yang meningkat.

0 Responses to “Inilah Bahaya Kurang Tidur”

Posting Komentar

Blogger news

All Rights Reserved Made Sumitre | Blogger Template by Bloggermint