Pages

Kamis, 30 Januari 2014

Dana Penelitian Unila Tahun ini Tembus Rp10 Miliar

Ketua Lembaga Penelitian Universitas Lampung (Lemlit Unila) Dr.Eng. Admi Syarif memproyeksikan dana riset Unila tahun ini mencapai Rp10 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari hibah penelitian terpusat maupun terdesentralisasi.
Perkiraan tersebut menurut Admi berdasarkan jumlah proposal penelitian dosen Unila yang disetujui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) tahun ini. Jumlahnya mencapai 31 proposal penelitian, di mana setiap judulnya diperkirakan memperoleh dana maksimal Rp200 juta. Sehingga, jika ditotal jumlahnya mencapai Rp6,2 miliar.
“Dana desentraliasi penelitian kita tahun ini memang turun menjadi Rp2,5 miliar. Ini disebabkan dana BOPTN Unila tahun ini hanya sebesar Rp14,5 miliar. Namun, penelitian terpusat kita di DP2M Dikti mampu menembus 31 judul penelitian dengan kisaran anggaran Rp6,2 miliar,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin, Rabu (29/1).
Dirinya berkeyakinan, jumlah dana penelitian terpusat Unila masih dapat bertambah mengingat saat ini terdapat beberapa judul penelitian masih dalam proses penilaian. Potensi dana penelitian yang mungkin masih bisa diraih mencapai Rp2 miliar. Dengan demikian, jika seluruh dana riset tersebut dikumulatifkan akan melampau angka nominal Rp10 miliar.
Sebagai perbandingan, Admi menambahkan, dana penelitian Unila tahun lalu berkisar Rp8,7 miliar. Jumlah ini terdiri dari dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) plus dana desentralisasi penelitian yang mencapai Rp5 miliar, juga hibah penelitian strategis nasional (stranas) Rp1,8 miliar. Ada pula dana Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang mencapai Rp1,4 miliar, hibah kompetensi Rp675 juta, kerja sama luar negeri Rp155 juta, unggulan strategi nasional Rp1,1 miliar.
Jika semuanya dikumulatifkan mencapai Rp8,7 miliar lebih. Admi menjelaskan, anggaran penelitian Unila tahun ini masih mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dengan melihat kemampuan dosen Unila menyerap dana riset terpusat selama dua tahun terakhir, dapat dikatakan pula mutu penelitian Unila cukup berkualitas. “Buktinya proposal riset Unila mampu bersaing jika diadu dengan proposal peneliti-peneliti lain di luar Unila,” pungkasnya.[] Inay

0 Responses to “Dana Penelitian Unila Tahun ini Tembus Rp10 Miliar ”

Posting Komentar

Blogger news

All Rights Reserved Made Sumitre | Blogger Template by Bloggermint