Pages

Jumat, 27 Juli 2012

Social Media Marketing for Business



Media sosial lebih dari sekedar alat untuk melihat foto-foto teman dan mengenang masa lalu. Manfaat dari media sosial memberikan cara untuk bisnis berinteraksi dengan pelanggan. Ini tidak lagi cukup bahwa suatu inisiatif pemasaran yang kuat akan mengubah konsumen menjadi pelanggan. Kebutuhan bisnis untuk membuat strategi yang menghubungkan pengalaman pelanggan dengan teknologi dan sistem yang dibutuhkan untuk memberikan konten yang tepat pada waktu yang tepat. Jika merek ingin tetap relevan di era digital, mereka tidak punya pilihan selain untuk beradaptasi.

Di luar periklanan dan promosi, perusahaan menggunakan jaringan sosial untuk membangun tim yang memecahkan masalah lebih cepat, berbagi informasi yang lebih baik antara karyawan dan mitra, membawa ide-ide pelanggan untuk desain produk baru dan merancang ulang semua jenis perangkat lunak perusahaan agar lebih mudah digunakan untuk bersosial dengan pelanggan.

Pada tingkat yang paling dasar, Facebook adalah aplikasi yang paling populer saat ini dengan lebih dari satu miliar orang yang tahu bagaimana menggunakannya. Berdasarkan survei, dua pertiga dari perusahaan besar sekarang menggunakan Web 2.0 seperti jaringan sosial atau blog, dengan penggunaan jaringan sosial internal yang naik hingga 50% sejak 2008.

Menggunakan jaringan sosial untuk mendorong koneksi memungkinkan perusahaan dapat memahami karakter pengguna dan melakukan inovasi secara cepat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Perusahaan juga dapat menggunakan blog dan situs sosial untuk mengarahkan pelanggan ke dalam proses produksi dan desain sebai pemahaman dan pemberian pengetahuan kepada pelanggan tentang produk perusahaan untuk menanamkan kepercayaan terhadap hasil produksi.

Seperti halnya yang dilakukan Michael Dell, Ia menggunakan sosial media untuk mendapatkan ide dan umpan balik dari pelanggannya tentang rencananya yang akan membuat sebuah laptop khusus yang diberi nama IdeaStorm. Michael Dell mendapatkan banyak umpan balik dari pelanggan tentang bagaimana kreasi seharusnya, entah mesin yang digunakan atau fitur-fitur penting yang harus ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Sosial media memiliki potensi untuk menjadi sama pentingnya bagi ekonomi yang lebih luas sebagai teknologi informasi yang lebih jelas terkait dengan bisnis seperti ponsel dan cloud computing. Beberapa manfaat social media business yang utama antara lain :

Branding

Ini adalah salah satu manfaat yang paling jelas bagi kebanyakan bisnis menggunakan media sosial. Apakah pengguna langsung terlibat dengan merek anda atau tidak, mereka masih akan melihat nama merek anda dalam jaringan yang mereka gunakan. Kesan menonjol terhadap merek sangat menjadi perhatian konsumen, semakin besar kemungkinan bahwa mereka akan mengingat nama bisnis anda di masa depan.

Manajemen Reputasi

Mengelola reputasi online anda sangat penting dalam media sosial karena merek anda atau industri sedang berbicara tentang terlepas dari apakah anda mengambil bagian dalam pembicaraan. Ini bermanfaat untuk mengetahui apa yang pelanggan pikirkan tentang produk anda. Sejak media sosial terbuka untuk semua orang, siapa pun memiliki kemampuan untuk mengatakan apa yang mereka inginkan tentang merek anda. Oleh karena itu, pastikan apa yang dikatakan adalah benar, belum tentu positif, kunci untuk mengembangkan kepercayaan dari audiens adalah dengan mempengaruhi mereka dengan cara yang positif. Umpan balik dari social media juga bisa menginformasikan keputusan anda tentang bagaimana anda berurusan dengan klien atau memasarkan bisnis anda.

Layanan Pelanggan dan Tanggapan

Memberikan dukungan kepada pelanggan anda sangat penting untuk keberhasilan setiap bisnis dan media sosial bukan pengecualian. Ketika pelanggan menyampaikan pendapatnya, terlepas dari apakah masukan mereka baik atau buruk, sangat penting untuk merespon secara cepat dan tepat.

Sumber : http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/22/social-media-marketing-for-business/

0 Responses to “Social Media Marketing for Business”

Posting Komentar

Blogger news

All Rights Reserved Made Sumitre | Blogger Template by Bloggermint