Pages

Jumat, 27 Juli 2012

Peluang Usaha Untuk Lulusan IT

Melihat tren yang ada di Indonesia, dimana setiap mahasiswa jurusan IT yang baru lulus kebanyakan dari mereka ingin bekerja di perusahaan.  Didalam pikiran seorang fresh graduate selalu merencanakan dan mencari lamaran pekerjaan. padahal sebenarnya peluang usaha untuk bidang IT di Indonesia sangat menjanjikan, seperti software house, teknisi komputer, instalasi jaringan dan lainnya. Mengingat pertumbuhan ekonomi yang pesat dan juga penggunaan IT yang masih belum terjamah, mengibaratkan lulusan IT adalah “nelayan dalam kolam yang penuh ikan”.

Mengambil data dari Badan Pusat Statistik, jumlah wirausaha per januari 2012 mencapai 3,75 juta orang atau 1.56% dari total jumlah penduduk. Angka ini masih terlalu jauh dibanding dengan negara Asia lain seperti Cina dan Jepang, yang memiliki wirausaha lebih dari 10% dari jumlah penduduknya.



Maka dari itu, saya mengajak para lulusan IT untuk ikut peran serta dalam mendukung pertumbuhan ekonomi mikro, dengan membuat peluang usaha sendiri. sebagai referensi lulusan IT dapat membandingkan pendapatan dari bekerja di perusahaan atau pendapatan dari usaha sendiri. Karena pastinya seorang lulusan IT selalu membayangkan pendapatan (gaji) setelah lulus dari kuliahnya.

Diperlukan kejelian dalam melihat peluang usaha di sekitar lingkungan plus faktor pendukung skill dan materi yang harus disiapkan dari lulusan IT untuk mendapatkan peluang-peluang tersebut.

Jangan ragu untuk mengikuti seminar dan kursus mengenai faktur penunjang dan teknis untuk mendukung kemampuan diri.

Semoga Indonesia tidak lagi menjadi negara konsumen dalam bidang IT.

Sumber : http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/07/17/peluang-usaha-untuk-lulusan-it/

0 Responses to “Peluang Usaha Untuk Lulusan IT”

Posting Komentar

Blogger news

All Rights Reserved Made Sumitre | Blogger Template by Bloggermint