Pages

Kamis, 25 Oktober 2012

Indonesia rayu Thailand dan Malaysia samakan harga karet

merdeka.com - Bulan ini, tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand sepakat mengurangi volume ekspor karet. Namun, sampai saat ini, kebijakan pengaturan suplai ketiga negara belum seragam. Akibatnya, harga karet pun menjadi berbeda-beda.

Sejauh ini, Thailand yang bersikap beda dari dua anggota International Tripartite Rubber Council (ITRC) lainnya. Mereka mengindikasikan ingin harga komoditi karet tetap di kisaran USD 2,5 per kilogram, dengan tidak mengatur kuota ekspor seperti kesepakatan awal.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menuturkan, pemerintah akan mengintensifkan komunikasi dengan Negeri Gajah Putih itu. Indonesia berharap harga komoditas karet alam dapat bertahan di kisaran USD 3 per kilogram.

Bayu meyakini, Kementerian Perdagangan Thailand bersedia berkompromi. "Saya pikir semua akan happy dengan USD 3 (per kilogram), kalau Thailand sekarang USD 2,5, ketika nanti dapat USD 3 mereka happy juga kan," ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis (26/10).

Menurut Bayu, jika salah satu dari tiga negara produsen utama mbalelo, pihaknya tidak dapat melakukan apa-apa. Kesepakatan pengurangan ekspor karet alam dua bulan lalu sifatnya informal, tanpa aturan sanksi yang tegas.

"Kami bukan kartel, tapi kita bertiga kan produsen yang menyuplai 70 persen kebutuhan karet di dunia. Pengaturan ini kesepakatan saja, tidak dengan sanksi. Semua berdasarkan kepercayaan, kalau kita lihat harga di salah satu negara turun, ya kita ajak bicara, eh naikkin dong," paparnya.

Juni lalu harga karet di pasaran dunia turun menjadi USD 2,7 per kilogram. Hal itu dipicu kebijakan China yang mengurangi permintaan sehingga membuat suplai berlebih. Setelah sempat normal menjadi USD 3 per kilo, menjelang Oktober harga karet alam kembali terkoreksi menjadi USD 2,79 per kilogram.

0 Responses to “Indonesia rayu Thailand dan Malaysia samakan harga karet”

Posting Komentar

Blogger news

All Rights Reserved Made Sumitre | Blogger Template by Bloggermint