Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Tragedi Memey 3: Tawaran Kilat Nan Menggiurkan

TEMPO.COWina -- Berkeluarga tak membuat kondisi ekonomi Memey membaik. Bahkan cekcok dengan suaminya mendorong Memey kembali berangkat sebagai tenaga kerja informal ke luar negeri.

Pada Maret 2006, Memey berangkat ke Malaysia. Kali ini ia dijanjikan akan dipekerjakan sebagai penjaga toko atau pelayan restoran. "Yang membuat saya tergiur adalah karena tidak harus tinggal di penampungan," kata perempuan kelahiran Temanggung, 17 Juli 1984, itu, di Markas PBB Wina, Austria, Rabu lalu, 17 Oktober 2012. Baca: TKI Korban Trafficking Bersaksi di PBB.

Tawaran bekerja ke Malaysia didapat Memey dari kenalannya, Suyatmi, yang dikenal sebagai calo di salah satu Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). "Kali ini saya berangkat sebagai perorangan, tidak melalui agen," ujarnya.

Dari Suyatmi, Memey diserahkan kepada seorang perempuan yang bernama Sri dari Magelang. Dari Magelang, Memey diberangkatkan menuju Entikong, Kalimantan Barat, dengan menggunakan kapal laut melalui Semarang. "Saya berangkat bertiga, bersama Yayuk dan Ngaliah," ujar Memey.

Di Entikong, seorang pria yang bernama Masnok menjemput dan mengurus segala keperluan mereka, termasuk paspor. "Saya tidak keluar uang, hanya bermodal KTP (kartu tanda penduduk)," kata Memey. Ketiga perempuan belia itu sempat menginap di sebuah rumah penampungan di Entikong selama empat hari.

Setelah semua keperluan beres, Memey bersama dua temannya dibawa ke perbatasan. Di perbatasan, Memey diserahterimakan kepada empat pria tegap yang diketahui sebagai warga Malaysia. "Mereka seperti bodyguard. Kami dibawa ke Kuching, Malaysia," kata Memey.

Di Kuching inilah kisah sengsara Memey dimulai. Menurut Memey, sampai pada titik ini, dia belum sadar sudah diperdagangkan. "Semuanya terasa normal," kata dia.

Bagaimana Memey memulai kisah pilunya sebagai korban perdagangan manusia? Ikuti di "Memey Dijual Setelah Didandani".

0 Responses to “Tragedi Memey 3: Tawaran Kilat Nan Menggiurkan”

Posting Komentar

Blogger news

All Rights Reserved Made Sumitre | Blogger Template by Bloggermint