Pages

Senin, 15 Oktober 2012

Jurus Dahlan akselerasi pembuatan tol Sumatera

Merdeka.com - Untuk mewujudkan pembangunan 5 ruas jalan tol Sumatera, Menteri BUMN Dahlan Iskan akan membuat anak perusahaan konsorsium antara PT Hutama Karya dan PTPN III yang berada di Sumatera. Dengan adanya kerjasama ini, pembangunan jalan diyakini akan lebih masuk akal dan lebih mudah.

Menurut Dahlan pembuatan jalan tol selama ini selalu terkendala pembebasan lahan. Dengan kerjasama ini, PTPN yang berada di Sumatera dapat memberikan tanahnya kepada Hutama Karya untuk dibangun jalan. Sebagai balasannya, PTPN akan mempunyai saham di jalan tol tersebut.

"Dengan demikian, tanah tersebut jadi equity. Jadi bisa optimis cepat terbangun dan biaya jadi lebih kecil. Karena untuk tanah saja habis 60 persen biayanya," ungkap Dahlan di Jakarta, Selasa (16/10).

Dahlan mengatakan, penghematan biaya bisa dirasakan oleh Hutama Karya sebagai pembangun dan pengelola jalan tol. Jadi, perusahaan tidak harus mengeluarkan dana untuk pembebasan lahan.

"Ini semua PTPN di Sumatera. Terutama di Sumatera Utara dulu. Nunggu penugasan dari pemerintah dan segera dirumuskan. Lima ruas jalan tol Sumatra dulu dan nanti akan dilanjutkan seterusnya," tutupnya.

Sebelumnya Dahlan berjanji bahwa proyek tol Sumatera akan selesai dalam waktu 6 tahun.

0 Responses to “Jurus Dahlan akselerasi pembuatan tol Sumatera”

Posting Komentar

Blogger news

All Rights Reserved Made Sumitre | Blogger Template by Bloggermint