Pages

Minggu, 14 Oktober 2012

Atasi Kemarau di Buleleng, Gubernur Bali Janjikan Bangun Tandon Air

BULELENG--MICOM: Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam kesempatan kunjungan kerja ke Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Minggu (14/10) berjanji akan merancang membuat cubang-cubang atau penampungan air di wilayah kekeringan Buleleng.

Disamping merancang untuk membangun cubang sebagai cadangan air, Mangku Pastika berharap pemanfaatan air dan pemeliharaan lingkungan dapat ditingkatkan. "Saat musim hujan kita panen air sebanyak-banyaknya sebagai simpanan air di musim kemarau," jelas Pastika, Minggu (14/10).

Diakui juga bahwa wilayah Buleleng sekitar 70% wilayahnya mengalami kekeringan dan 8 dari 9 kecamatan yang ada di Buleleng mengalami kekeringan. Namun, Gubernur berharap walau kering, ketahanan pangan di Buleleng masih cukup baik dengan adanya dua waduk. Waduk Gerokgak yang sudah selesai agar pemanfaatan airnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat banyak.

Di sisi lain, kedepannya Gubernur juga berharap banyak kepada Bendungan Titab yang saat ini dalam proses pembangunan. "Saya sangat berharap pada Bendungan Titab, itu cadangan air yang luar biasa dan airnya akan sampai ke Kecamatan Gerokgak, maka sebagian airnya akan dimanfaatkan oleh masyarakat Kecamatan Gerokgak, setidaknya untuk air bersih," harap Pastika.

Namun menunggu Bendungan Titab selesai, maka saat ini masyarakat bisa membangun cadangan air dengan cubang atau dengan tangki penyimpan air. "Juga saya berharap ada bantuan dalam bentuk cubang dari CSR yang ada di Bali, setidaknya membantu dengan tangki-tangki air bagi masyarakat yang belum memiliki cadangan air bersih," pungkas Mangku Pastika.

0 Responses to “Atasi Kemarau di Buleleng, Gubernur Bali Janjikan Bangun Tandon Air”

Posting Komentar

Blogger news

All Rights Reserved Made Sumitre | Blogger Template by Bloggermint